Faktor-faktor yang Memengaruhi Perkembangan Sosial dan Emosional Anak Usia Dini

 Pada anak usia dini sebagai individu yang mengalami perkembangan bersifat unik. Anak berkembang dengan cara tertentu seperti individu-individu lainnya. Selain terdapat persamaan dalam pola perkembangan yang dialami anak mempunyai fariasi-fariasi individual dalam perkembangan anak yang bisa terjadi setiap saat.

Faktor-faktor perkembangan sosial dan emosi anak ada tiga faktor yang dapat memberikan pengaruh besar terhadap perkembangan sosial dan emosi anak usia dini sebagai berikut:

1. Faktor Hereditas

Biasanya ada yang menyebut faktor hereditas ini sebagai istilah nature. Dan faktor ini merupakan karakteristik bawaan yang diturunkan dari orang tua biologis atau orang tua kandung kepada anaknya. Jadi dapat dikatakan faktor hereditas merupakan pemberian biologis sejak lahir.

Pembawaan yang telah ada sejak lahir itulah yang menentukan perkembangan anak untuk dikemudian hari. Pendidikan dan lingkungan sama sekali tidak berpengaruh dan tidak berkuasa dalam perkembangan seorang anak termasuk perkembangan emosi dan sosialnya.

2. Faktor lingkungan 

Faktor lingkungan sering disebut dengan istilah nurture. Faktor ini bisa diartikan sebagai kekuatan kompleks dunia fisik dan sosial yang memiliki pengaruh dalam susunan biologis serta pengalaman psikologis, termasuk pengalaman sosial dan emosi anak sejak sebelum ada dan sesudah dia lahir. faktor ini meliputi semua pengaruh lingkungan temasuk didalamnya pengaruh-pengaruh  berikut ini:

a. Keluarga 

Keluarga menjadi lingkungan yang pertama dan utama. Dengan demikian keluarga memiliki peran yang utama dalam menentukan pengembangan sosial dan emosi anak. Di lingkungan keluarha inilah anak pertama kali menerima pendidikan sedangkan orang tua mereka merupakan pendidik bagi mereka.

b. Sekolah

Sekolah merupakan lingkungan kedua bagi anak setelah lingkungan keluarga, disekolah anak berhubungan dengan guru dan teman-teman sebayanya. Hubungan antara guru dan anak dengan teman sebaya dapat mempengaruhi perkembangan emosi dan sosial anak. Guru merupakan wakil dari orang tua mereka saat mereka berada di sekolah serta pola asuh dan perilaku yang ditampilkan oleh guru dihadapan anak juga dapat mempengaruhi emosi dan sosial anak.

c. Masyarakat 

Secara sederhana saja, masyarakat disini diartikan sebagai kumpulan  individu atau kelompok yang diikat oleh kesatuan negara, kebudayaan, dan agama. Budaya, kebiasaan, agama, dan keaadaan demografi pada suatu masyarakat diakui ataupn tidak memiliki pengaruh dalam perkembangan sosial dan emosi anak usia dini.

d. Faktor Umum

Faktor umum maksudnya di sini merupakan unsur-unsur yang dapat digolongkan ke dalam kedua faktor di atas ( faktor hereditas dan faktor lingkungan ). 

Faktor umum adalah faktor campuran dari faktor hereditas dan faktor lingkungan. Faktor umum juga dapat mempengaruhi perkembangan anak usia dini.

Komentar