Perencanaan pembelajaran

 Merancang Pembelajaran Berdasarkan Elemen Capaian Pembelajaran PAUD


A. Mengenal  Karakteristik Capaian Pembelajaran

Capaian Pembelajaran pada PAUD dilakukan sebagai upaya menyiapkan anak mencapai perkembangan holistic dan memiliki kesiapan bersekolah pada tingkat Sekolah Dasar.


Ada beberapa karakteristik dari CP yang ada pada kurikulum ini, yaitu sebagai berikut.


1. CP disusun per fase bukan per tahun artinya CP capaian pada akhir fase fondasi (TK B) atau saat anak selesai pada jenjang PAUD daan bukan capaian yang ingin dicapai pada setiap jenjang PAUD.

2. Rumusan CP ditulis dalam bentuk paragraf yang berbunyi “Pada akhir fase fondasi, anak menunjukkan kegemaran mempraktikkan dasar-dasar nilai agama dan budi pekerti; kebanggaan terhadap jati dirinya; kemampuan literasi dan dasar-dasar sains, teknologi, rekayasa, seni dan matematika untuk membangun kesenangan belajar dan kesiapan mengikuti pendidikan dasar”. Rumusan CP tersebut menampakan kesatuan antara kemampuan kognitif, keterampilan belajar, serta diposisi atau sikap terkait ilmu pengetahuan yang dipelajari oleh peserta didik.

3. Ketiga elemen CP tersebut dicapai melalui serangkaian kegiatan bermain belajar. Yang merupakan fitrah anak usia dini, kesatuan yang tidak bisa terpisahkan. Melalui bermain, anak belajar untuk memahami dunia disekitarnya. Oleh karena itu, kegiatan pembelajaran anak usia dini haruslah melalui bermain.

B. Mengenal Elemen Capaian Pembelajaran

1. CP Nilai Agama dan Budi Pekerti

a. Anak mengenali dan mempraktikkan nilai dan kewajiban ajaran agamanya,.

b. Anak mengamalkan nilai-nilai ajaran agamanya dalam interaksi dengan sesama dan alam (Tumbuhan ,Hewan, Lingkungan hidup).

c. Anak mengenal keberagaman dan menunjukkan sikap menghargai agama dan kepercayaan orang lain.

 

2. CP Jati Diri

a. Anak memiliki sikap positif dan berpartisipasi aktif dalam menjaga kebersihan, kesehatan (nutrisi dan olahraga), dan keselamatan diri.

b. Anak dapat mengenali, mengelola, mengekspresikan emosi diri, serta membangun hubungan sosial secara sehat.

c. Anak menunjukkan perasaan bangga terhadap identitas keluarganya, latar belakang budayanya, dan jati dirinya sebagai anak Indonesia yang berlandaskan Pancasila.

3. CP Literasi dan STEAM

a. Anak menunjukkan kemampuan mengenali dan memahami berbagai informasi seperti gambar, tanda, simbol, dan cerita.

b. Anak mampu mengkomunikasikan pikiran dan perasaan secara lisan, tulisan, atau menggunakan berbagai media serta membangun percakapan.

c. Anak menunjukkan minat dan berpartisipasi dalam kegiatan pramembaca.

d. Anak menunjukkan rasa ingin tahu melalui observasi, eksplorasi, dan eksperimen.

e. Anak mengenal, mengembangkan sikap peduli dan tanggung jawab dalam pemeliharaan alam, lingkungan fisik, dan sosial.

f. Anak menunjukkan kemampuan awal menggunakan dan merancang teknologi secara aman dan bertanggung jawab.

g. Anak menunjukkan kemampuan dasar berpikir kritis, kreatif, dan kolaboratif.

h. Anak dapat mengenali dan melihat hubungan antarpola, simbol, dan data, serta dapat menggunakannya untuk memecahkan masalah di dalam kehidupan sehari-hari.

i. Anak mengeksplorasi berbagai proses seni, mengekspresikannya serta mengapresiasi karya seni.

C. Menerjemahkan Capian Pembelajaran ke dalam Kurikulum Merdeka

1. Menentukan Tujuan Pembelajaran

Biasa disebut Tujuan Kegiatan, mengacu pada CP dengan mempertimbangkan Visi, misi satuan pendidikan, profil pelajar pancasila, karakteristik lingkungan dan satuan pendidikan


2. Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

Membuat perencanaan pembelajaran berdasarkan tujuan pembelajaran yang disusun dalam KOSP yang diturunkkan dalam bentuk RPP Mingguan atau Harian.


Catatan :


a. Capaian Pembelajaran

Merupakan Capaian Akhir masa PAUD (Tidak dimuat dalam RPP)


b. Tujuan Pembelajaran

Meupakan terjemah/ turunan dari CP (Dimuat dalam KOSP dengan memberikan kebebasan pada masing-masing lembaga)


c. Tujuan Kegiatan

Dibuat guru dan digunakan dalam RPP (Diturunkan dari tujuan pembelajaran)

Komentar